Thursday, April 18, 2013

karakteristik burung DECU

Sebetulnya dirumah punya satu burung decu yang masih anakan. sebetulnya juga baru pertama ini memelihara burung decu, setelah search di mbah google saya akhirnya mengerti bagaimana kekhasan dari si burung kecil dan cantik ini.

Burung decu merupakan burung tipe jenis petarung (katanya). dengan ukuran tubuh yang kecil dan warna bulu yang hitam pekat dengan sedikit warna putih di bagian sayap dan pantatnya membuat burung ini seakan menyerupai burung kacer, cuma ukurannya saja
yang kecil. tetapi untuk kicauannya burung decu tidak kalah dengan burung kicauan burung lain seperti kacer, si decu mampu meniru berbagai kicauan yang diberikan (masteran). dan si kecil ini katanya mempunyai lengkingan-lengkingan kristal yang menjadi karakteristiknya.

Ciri yang lain adalah seperti yang saya katakan di awal tadi, burung ini adalah tipe petarung. layaknya burung kacer atau murai decu ini akan menari-nari saat bertemu dengan lawan kicaunya.decu akan menegakkan ekor dan mengepak-ngepakkan sayapnya. dengan kekhasan ini membuat burung ini selain enak untuk didengarkan kicauannya juga enak dipandang. dengan tarian itu sehingga decu banyak dicari oleh pecinta burung.

Dan untuk membedakan decu jantan dan betina cukuplah mudah, bahkan untuk orang awam sekaligus. seperti di atas tadi decu jantan memiliki warna tubuh yang hitam pekat dengan putih di bagian pantat dan ekornya, sedangkan untuk yang betina tidaklah jauh berbeda hanya warna hitam tubuhnya agaklah pudar dan agak menagarah pada warna kecoklatan.


burung decu betina
burung decu jantan


Untuk perawatannya burung kecil ini termasuk gampang untuk ditangkarkan. untuk pakanya sendiri decu merupakan pemakan serangga seperti jangkrik dan kita juga perlu memberinya EF dan juga penjemuran yang secukupnya.

Dan untuk keberadaannya burung ini populasinya sudah menurun tidak seperti dulu lagi. sehingga sudah jarang penggemar burung yang memelihara si burung kecil nan cantik ini. sayang sekali bray... :(

gambar menarik untuk si kecil decu :


Decu Pied Bushchat (Saxicola caprata)

burung decu

decu betina liar

cantik decu

decu nangkring

mirip kacer cuy

1 comments:

M&M Partners to Join BetMGM Casino & Resort in Michigan
“MGM 충청북도 출장마사지 is committed to 충청북도 출장샵 creating a Michigan 당진 출장안마 online sportsbook and 하남 출장안마 sports betting experience,” said John Dauzeri, MGM President of 포천 출장안마 Online

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More